Teori Komputasi dan Contoh Website Penerapan Komputasi Modern dalam Bidang Geografis

Hasil gambar untuk teori komputasi

Teori Komputasi

Pada teori ilmu komputer dan matematika, teori komputasi adalah cabang yang berhubungan dengan bagaimana masalah dapat dipecahkan pada sebuah model komputasi secara efisien menggunakan algoritma. Bidang ini terbagi menjadi tiga fokus besar yaitu bahasa dan teori otomata, teori rekursi dan teori kompleksitas komputasi.

Teori Komputasi dapat dianggap sebagai model penciptaan dari seluruh cabang dalam bidang ilmu komputer (computer science). Maka dari itu, logika dan matematika digunakan dalam teori komputasi. Pada abad ini, teori komputasi menjadi disiplin akademik mandiri dan telah terpisah dari matematika. Beberapa pencetus dalam bidang teori komputasi adalah Alonzo Church, Kurt Godel, Alan Turing, Stephen Kleene, John von Neumann dan Claude Shannon.

Implementasi Komputasi

  1. Bidang Fisika

Implementasi komputasi modern di bidang Fisika adalah Computational Physics yang mempelajari suatu gabungan antara Fisika, Komputer Sains dan Matematika Terapan untuk memberikan solusi pada “Kejadian dan masalah yang kompleks pada dunia nyata” baik dengan menggunakan simulasi juga penggunaan Algoritma yang tepat. Pemahaman Fisika pada teori, eksperimen dan komputasi haruslah sebanding. Agar dihasilkan solusi numerik dan visualisasi atau pemodelan yang tepat untuk memahami masalah Fisika. Untuk melakukan pekerjaan seperti evaluasi integral, penyelesaian persamaan differensial, penyelesaian persamaan simultan, mem-plot suatu fungsi/data, membuat pengembangan suatu seri fungsi, menemukan akar persamaan dan bekerja dengan bilangan kompleks yang menjadi tujuan penerapan Fisika komputasi. Banyak perangkat lunak ataupun bahasa yang digunakan, seperti: MatLab, Visual Basic, Fortran, Open Source Physics (OSP), Labview, Mathematica, dan lain sebagainya digunakan untuk pemahaman dan pencarian solusi numerik dari masalah-masalah pada Fisika komputasi.

  1. Bidang Kimia

Implementasi komputasi modern di bidang Kimia adalah Computational Chemistry yaitu penggunaan ilmu komputer untuk membantu menyelesaikan masalah Kimia. Contohnya penggunaan super komputer untuk menghitung struktur dan sifat molekul. Istilah Kimia teori dapat didefinisikan sebagai deskripsi Matematika untuk Kimia, sedangkan Kimia komputasi biasanya digunakan ketika metode Matematika dikembangkan dengan cukup baik untuk dapat digunakan dalam program komputer. Perlu dicatat bahwa kata “tepat” atau “sempurna” tidak muncul di sini, karena sedikit sekali aspek Kimia yang dapat dihitung secara tepat. Hampir semua aspek kimia dapat digambarkan dalam skema komputasi kualitatif atau kuantitatif hampiran.

  1. Bidang Matematika

Menyelesaikan sebuah masalah yang berkaitan dengan perhitungan Matematis, namun dalam pengertian yang akan dibahas dalam pembahasan komputasi modern ini merupakan sebuah sistem yang akan menyelesaikan masalah Matematis menggunakan komputer dengan cara menyusun Algoritma yang dapat dimengerti oleh komputer yang berguna untuk menyelesaikan masalah manusia.

  1. Bidang Ekonomi

Pemrograman yang didesain khusus untuk komputasi Ekonomi dan pengembangan alat bantu dalam pendidikan komputasi Ekonomi. Karena dibidang Ekonomi pasti memiliki permasalahan yang harus dipecahkan oleh Algoritma. Contohnya adalah memecahkan teori statistika untuk memecahkan permasalahan keuangan. Salah satu contoh komputasi di bidang Ekonomi adalah komputasi statistik. Komputasi statistik adalah jurusan yang mempelajari teknik pengolahan data, membuat program dan analisis data serta teknik penyusunan sistem informasi statistik, seperti: penyusunan basis data, komunikasi data, sistem jaringan, dan diseminasi data statistik.

  1. Bidang Geografi

Geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang lokasi serta persamaan dan perbedaan (variasi) keruangan atas fenomena fisik dan manusia di atas permukaan bumi. Komputasi dalam bidang Geografi biasanya di gunakan untuk peramalan cuaca, di Indonesia khususnya ada salah satu instansi Negara dengan nama BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) yakni instansi negara yang meneliti mengamati tentang Metereologi, Klimatologi kualitas udara dan Geofisika supaya tetap sesuai dengan perundang undangan yang berlaku di Indonesia.

  1. Bidang Geologi

Geologi merupakan cabang Ilmu sains yang mempelajari tentang Bumi. Yakni komposisi, struktur, sifat-sifat, sejarah dan proses, komputasi Geologi umumnya digunakan dibidang pertambangan sebuah sistem komputer digunakan untuk menganalisa bahan-bahan mineral dan barang tambang yang terdapat didalam tanah. Implementasi pada bidang ini untuk memetakan letak sumber daya dan kontur dari permukaan bumi yang terdapat hasil tambang.

 

Membahas Website BMKG Sebagai Bentuk Penerapan Komputasi Modern di Bidang Geografi.

1Tampilan pada gambar di atas merupakan tampilan halaman utama dari website resmi BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, Dan Geofisika). Pada tampilan awal, pengguna dimudahkan untuk melihat informasi mengenai prakiraan Cuaca pada hari ini dan menginformasikan titik gempa bumi yang terjadi di wilayah Indonesia. Dan pengguna juga bisa mengakses menu yang tersedia diantaranya adalah profil, cuaca, iklim, kualitas udara, gempa bumi & tsunami serta IT & sarana teknis.

2Pada menu cuaca, akan ditampilkan beberapa pilihan yang pengguna ingin memilihnya sesuai dengan kebutuhan pengguna. Dan cuaca disini bersifat internasional dan nasional sehingga pengguna dapat dengan mudah mencari informasi cuaca yang dibutuhkannya.

3Salah satu tampilan menu prakiraan cuaca di Indonesia. Pengguna dapat mengetahui informasi mengenai prakiraan cuaca di seluruh provinsi yang ada di Indonesia. Selain itu pengguna dapat melihat berita terkini yang ada di sebelah kanan dari prakiraan cuaca.

4Pada gambar di atas, setelah kita memilih provinsi mana yang ingin dipilih pengguna (disini kita memilih DKI Jakarta) maka akan di tampilkan prakiraan cuaca di masing – masing kota yang ada di provinsi DKI Jakarta.

5Pada menu Cuaca juga ditampilkan informasi mengenai Citra Satelit, dimana pengguna dapat melihat mengenai produk – produk citra yang ditampilkan pada halaman citra satelit ini. Sebagai contoh kita dapat melihat produk citra satelit Himawari-8IR-Enchanced dan Himawari-8 Natural Color. Setiap produk citra memiliki perbedaan tampilan.

6

Pada menu cuaca pengguna juga dapat melihat Kondisi Wilayah Perairan Indonesia. Pada menu ini kita akan mendapatkan infromasi mengenai berapa ketinggian gelombang di masing – masing provinsi Indonesia. Dan pengguna akan mendapatkan informasi tambahan berupa informasi gelombang tinggi yang terjadi di hari ini.

 

Kesimpulan :

Pada website BMKG sudah termasuk ke dalam Penerapan Komputasi Modern dibidang Geografi yang terdapat pada menu Cuaca. Pengguna dapat mengetahui informasi mengenai prakiraan cuaca yang mencakup Internasional, Nasional, Provinsi dan Kota serta Kabupaten yang ada di Indonesia. Pengguna juga dapat melihat informasi prakiraan cuaca di kemudian hari yang sangat bermanfaat jika pengguna ingin mencarinya. Layanan Prakiraan Cuaca BMKG ini bersifat real time, dimana data yang ditampilkan akan selalu ter aktual (ter-update) setiap jam atau bahkan setiap menit. Website BMKG menyediakan beberapa Informasi selain prakiraan cuaca diantaranya adalah iklim, kualitas udara, gempabumi & tsunami serta IT & sarana teknis. Website BMKG juga menyediakan prakiraan iklim, prakiraan musim, informasi hari tanpa hujan, informasi suhu muka laut, dan lain sebagainya. Menurut saya sistem website pada website BMKG ini telah mengandung unsur-unsur yang merupakan penerapan dari komputasi modern dalam bidang geografi.

Kelebihan website ini adalah dapat diakses atau digunakan dimana saja dan diperangkat apa saja (handphone dan komputer) selama terhubung dengan jaringan internet. Tampilan (Interface) pada Website ini sangat menarik dan bagus, serta memudahkan pengguna untuk mencari informasi apa saja yang dibutuhkan. Menu-menu yang ditampilkan pada Website sangat lengkap, cakupannya bisa Internasional dan Nasional. Selain itu website ini menyediakan berita mengenai apa saja yang dilakukan oleh BMKG dan mengenai berita tentang gempa bumi yang sedang terjadi di Indonesia. Tidak hanya berbasis Website, Informasi BMKG yang ditampilkan pada Website BMKG juga dapat pengguna lihat pada aplikasi berbasis mobile yaitu android dan iOS yang dapat di unduh di playstore dan Appstore masing-masing sistem operasi tersebut.

Kekurangan pada Website BMKG ini adalah Tampilan yang masih menggunakan tampilan model lama (flat design). Selain itu, pilihan yang terlalu banyak di setiap menu membuat pengguna akan bingung dikarenakan pilihan yang banyak dalam satu menu terkesan ambigu dalam pemilihan infromasi. Pada menu cuaca ada beberapa menu yang tidak dapat diakses atau bahkan eror loading page, ini akan membuat pengguna bingung bahkan tidak tahu kesalahan apa yang terjadi pada halaman itu karena kesalahan dari website. Penyediaan Infromasi Prakiraan Cuaca di setiap provinsi hanya sebatas 3 hari saja terhitung dari hari pengguna membukanya, sehingga pengguna tidak dapat melihat prakiraan cuaca seminggu kemudian bahkan sebulan kemudian.

Saran dari penulis terhadap Website BMKG ini adalah dapat memperbarui tampilan yang lama ke yang baru dengan mengedepankan pemahaman serta kemudahan pengguna dalam mencari informasi dan menggunakan Website BMKG. Selain itu pada prakiraan cuaca yang ditampilkan sebaiknya berdurasi sebulan seperti pada prakiraan cuaca di Website lainnya. Dan diharapkan Website BMKG dapat memilah pilihan menu-menu yang terlalu banyak pada setiap menu yang dipilih karena akan mempersulit pengguna untuk mencari infromasi yang dibutuhkan.

Dengan demikian, adanya penerapan Teknik Komputasi Modern pada Website BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, Dan Geofisika) sangat membantu pengguna dalam mencari informasi mengenai prakiraan cuaca secara cepat, aktual, dan efisien.

 

 

http://www.gunadarma.ac.id

http://www.baak.gunadarma.ac.id

 

 

Daftar Pustaka :

https://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi

https://nadsepriani97.wordpress.com/2018/03/13/teori-komputasi/

https://helmifadhiel.wordpress.com/2018/03/11/pengertian-teori-komputasi-dan-pengimplementasiannya/

https://anggasaputro.wordpress.com/2016/03/15/teori-komputasi-dan-penerapannya/

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan komentar

Blog di WordPress.com.

Atas ↑