Perkembangan Bisnis TIK di Indonesia

Image result for perkembangan bisnis TIK di Indonesia

Perkembangan Bisnis Teknologi Informasi Komunikasi di Indonesia sudah sangat pesat. Perkembangan yang paling menonjol dalam bisnis TIK di Indonesia adalah Bertumbuhnya Start Up dalam negeri dan Menjamurnya UMKM yang mengadopsi teknologi.

Image result for tokopedia

Pada Tahun 2015-2019 ini, banyak sekali start up dalam negeri tumbuh dengan pesat. Dalam sektor e-commerce ada Tokopedia dan Bukalapak yang sering digunakan masyarakat untuk berbelanja online. Dalam sektor transportasi ada Gojek, Traveloka, Tiket.com dan Pegi-pegi.com yang membantu masyarakat untuk memudahkan memilih transportasi ketika traveling maupun menjalankan aktivitas-aktivitas setiap harinya.

Image result for gopay

Tidak hanya dalam sektor pembelanjaan dan transportasi, pertumbuhan bisnis TIK juga tumbuh dalam sektor keuangan. Di Indonesia ada 3 pilihan uang elektronik yang dapat digunakan untuk segala aktivitas yaitu Go-Pay, OVO dan Dana. Ketiga uang digital ini telah menguasai pasar Indonesia. Banyak UMKM maupun restoran-restoran, rumah makan dan sejenisnya menyediakan pembayaran menggunakan 3 jenis uang elektronik tersebut.

Image result for umkm gopay

Seperti gambar di atas, terlihat jelas bahwa UMKM sekarang tumbuh sangat pesat. Dengan mengadopsi salah satu metode pembayaran non-tunai, UMKM secara langsung mendukung Indonesia dalam kemjuan bisnis TIK yang ada di Indonesia.

 

Demikian Tulisan saya mengenai Perkembangan Bisnis TIK di Indonesia. Semoga dengan bertumbuhnya Start up lokal dan UMKM dapat memajukan Bisnis serta Perekonomian rakyat Indonesia.

 

 

 

http://www.gunadarma.ac.id

http://www.baak.gunadarma.ac.id

http://www.ma-lanjut.lab.gunadarma.ac.id

Tinggalkan komentar

Blog di WordPress.com.

Atas ↑