KIAT YANG HARUS DISIAPKAN PADA “MENUMBUHKAN SEMANGAT BELAJAR DALAM KONDISI MEWABAHNYA VIRUS CORONA”.

Saya akan membahasa bagaimana cara menumbuhkan semangat belajar dalam kondisi pandemic global karena covid-19. Saya Mahasiswa di Universitas Gunadarma. Kampus saya sudah meliburkan mahasiswanya setelah surat edaran dari Kemendikbud untuk melakukan kegiatan belajar dan mengajar dari rumah. Sebenarnya saya senang bisa mengerjakan tugas kuliah dirumah, tapi ternyata pada saat kegiatan kuliah melalui online, mahasiswa menjadi pusing dan bingung karena tugas yang semakin banyak dan materi yang diberikan tidak sama dengan tatap muka. Karena saya akui lebih efektif belajar dengan tatap muka dibandingkan secara online. Dengan adanya kegiatan kuliah online ini mahasiswa dihadapkan dengan tugas dari dosen serta praktikum yang dilakukan online juga, disamping itu mahasiswa juga mengerjakan tugas rumah seperti membersihkan rumah, mencuci baju, mencuci piring dan kegiatan rumah lainnya.

Ada beberapa metode yang menurut saya bisa dijadikan untuk menumbuhkan semangat belajar dalam menghadapi covid-19 ini. Yang pertama adalah focus pada tujuan. Menentukan tujuan atau target – target yang ingin diselesaikan dapat memberikan motivasi tersendiri untuk terus mengerjakan tugas. Kalua bisa, catat semua tugas tulis ke sebuah kertas / catatan dan tempelkan di dinding kamar atau catat di komputer agar setiap kali kita lewat atau membuka laptop / komputer maka akan kita ingat tugas mana yang harus dikerjakan. Dengan begitu kita akan termotivasi untuk mengerjakannya. Tentukan jangka waktu seberapa lama kita bisa mengerjakan tugas itu sehingga kita dapat bersemangat untuk mengerjakannya. Dengan adanya motivasi belajar dari dalam diri kita sendiri maka kita dengan sendirinya akan bergerak dan bersemangat untuk mengerjakan dan belajar materi apa yang sudah diberikan oleh guru ataupun dosen. Dengan menerapkan focus belajar maka akan membuat diri kita lebih bersemangat dan termotivasi untuk menyelesaikan tugas yang sudah diberikan.

Yang kedua adalah mengatur waktu. Manajemen waktu akan sangat berpengaruh terhadap semangat belajar. Terkadang semangat belajar berukurang disebabkan oleh manajemen waktu belajar dan mengerjakan tugas menjadi tidak baik. Jadi atur waktu belajar dan mengerjakan tugas yang tepat. Namun jangan belajar atau mengerjakan tugas secara berlebihan karena hal tersebut justru akan memberikan efek negatif, kerjakan tugas jangan satu hari dikerjakan semua harus ada jeda, tapi tetap melihat tenggang waktu kapan itu tugas dikumpulkan. Intinya atur jadwal belajar dan mengerjakan tugas secara proporsional (sesuai porsi).

Ketiga adalah hadapi belajar dengan rasa gembira. Kondisi kita sangat mempengaruhi kemampuan otak dalam menerima pelajaran, seperti contoh kasusnya Ketika kita menyukai matakuliah dikampus maka materi belajar akan mudah dipahami tapi akan berbeda kalua kita tidak menghadapi nya dengan tidak suka maka materi apapun yang diberikan tidak akan diserap oleh otak kita. Oleh karena itu, kita harus tetap berjaga mengatur belajar saat kondisi kita dalam keadaan senang dan tenang. Perasaan senang Ketika belajar adalah suatu kondisi yang diciptakan, maka tanamkanlah prinsip bahwa belajar adalah hal yang seru dan menyenangkan.

Keempat kita harus menghargai waktu. Waktu adalah salah satu cara menumbuhkan semangat belajar pada diri kita sendiri. Kita mulai belajar disiplin dan tidak menunda – nunda kesempatan untuk belajar, adalah hal bijak jika kita lebih lebih mengefesiensikan waktu sehingga setiap watu dalam hidup kita tidak ada yang terbuang sia – sia.

Yang kelima adalah kita harus membuat sensasi belajar cukup berbeda. Menurunnya semangat belajar pada diri sendiri biasanya disebabkan oleh pola belajar yang selama ini terkesan monoton. Agar semangat belajar pada diri kita bisa kembali tumbuh maka tidak ada salahnya kita melakukan cara belajar ditempat – tempat yang selama ini kita anggap menakutkan atau yang mudah membuat kita nyaman. Pola belajar bervariasi akan menghilangkan kejenuhan dalam belajar dan dapat membuat proses belajar sebagai hal yang sangat menyenangkan.

Yang terkahir, agar semangat belajar dalam diri kita selalu terjaga dan justru semakin tumbuh adalah dengan memberi kita sendiri sebuah apresiasi / penghargaan setiap kita telah mencapai hal yang luar biasa karena ketekunan kita dalam belajar. Semangat belajar pada diri kita sendiri terkadang berkurang ketika dihadapkan pada masalah rumit dan susah untuk diselesaikan. Jika masalah yang kita hadapi saat ini adalah rendahnya semangat belajar maka hal yang pertama yang harus dilakukan adalah introspeksi diri sendiri, kenapa kita malas belajar kemudian memikirkan dampak apa yang bisa ditimbulkan jika kita malas belajar dan mengerjakan tugas maka carilah solusi yang tepat sesuai dengan pribadi kita, agar semangat belajar kita bisa Kembali tumbuh.

Intinya hanya diri kita yang bisa mengubah cara berpikir kita untuk tetap semangat belajar. Karena diri kita jugalah yang membuat motivasi belajar kita tumbuh. Menghargai waktu dan mengatur waktu sangatlah penting untuk belajar dan mengerjakan tugas. Apalagi kita sembaring dihadapkan dengan wabah corona. Jadikan belajar dirumah untuk lebih efektif agar semua tugas dapat diselesaikan dengan baik.

Sekian dari saya mengenai menumbuhkan semangat belajar dalam kondisi mewabahnya virus corona.

 

 

 

http://www.gunadarma.ac.id

http://www.ti.lab.gunadarma.ac.id

Tinggalkan komentar

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

Atas ↑